Get Gifs at CodemySpace.com

6 Nov 2011

Iwan Fals dan Kesetiakawanan Sosial


Iwan Fals dan Kesetiakawanan SosialIwan Fals merupakan salah satu sosok yang dikagumi di Indonesia. Dia adalah penyanyi yang seringkali mendengungkan lagu-lagu yang liriknya menohok petinggi-petinggi negeri. Beberapa karyanya terutama lagu-lagu di masa lampaunya sangat populer dan menjadi pelopor demonstrasi lewat musik, seperti misalnya pada lagu berjudul “Buktikan”, Iwan dengan lantang menyerukan tuntutan agar para petinggi membuktikan janji-janji mereka saat kampanye. Apresiasi musik Iwan Fals dipengaruhi oleh kepedulian serta rasa setia kawan terhadap rakyat kecil. Ia telah melihat kondisi sosial budaya, politik serta ekonomi masyarakat.
Ia tidak pernah berhenti berkarya dan menyerukan kritik-kritik tajam dengan cara yang kalem serta mempesona terhadap pemerintah. Sebagai seorang musisi nasional, Iwan memang tidak selalu menyerukan kritik namun sesekali mengeluarkan karya yang bertemakan cinta dan kehidupan, namun ia tidak melupakan kesetiawakanan sosial terhadap masyarakat umum dengan selalu menyisipkan lirik-lirik menjewer pada pemerintah.
Iwan Fals merupakan salah satu musisi terkenal yang berasal dari pengamen jalanan. Bernama asli Virgiawan Listanto, ia mulai menggambarkan realita hidup rakyat kecil di Indonesia sejak tahun 70-an. Ia sempat merasa tekanan dari pemerintah pada jaman orde baru gara-gara lirik lagunya yang tajam, bahkan ia pernah ditahan polisi pada tahun 1984 karena menyanyikan lagu “Demokrasi Nasi”, “Pola Sederhana” dan juga lagu “Mbak Tini”.
Beberapa lagunya yang sangat fenomenal sampai sekarang adalah “Wakil Rakyat” serta “Oemar Bakri” yang semakin terkenal ketika korupsi merajalela serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia ketahuan tidak memperdulikan rakyat. Lagu ini bahkan menjadi theme song wajib setiap ada acara televisi yang meliput rapat anggota dewan.
Selain menyerukan kritik keras pada pemerintah, lagu-lagu Iwan Fals juga banyak yang menyerukan semangat bagi pemuda-pemuda bangsa. Contohnya pada lagu “Nyanyianmu”, ada liriknya yang menyatakan agar pemuda terus bernyanyi dan lagumu jangan berhenti. Hal ini menunjukan rasa setia kawan Iwan Fals yang tetap membara walaupun umurnya sudah mulai menua.
Rasa setia kawan ini juga menular pada para fansnya yang tergabung pada Yayasan Orang Indonesia yang juga mewajibkan rasa kesetiakawanan sosial bagi para anggotanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews